dr H Sadly Salman SpOG Wujudkan RSUD Baubau Akreditasi Paripurna. Tidak Berbelit-Belit, Terapkan E-Rekam Medis

  • Bagikan
dr H Sadly Salman SpOG

Apa kelebihan e-rekam medis?

Salah satunya paperless. Kita mengurangi sampah domestik untuk kertas.

Kedua, tidak perlu kita hadir ditempat itu. Karena itu bisa kita lihat melalui e-rekam medis.

Kalau pasien bisa mengatahui satatusnya dengan e-rekam medis tersebut?

Untuk e-rekam medis memang domain milik rumah sakit. Kalau seandainya pasien ingin mengetahui status atau mengetahui apa yang ada di rumah sakit, kami sedang mengembangkan suatu aplikasi nanti.

Ini masih rahasia. Jadi nanti pasien akan mengetahui dia akan berobat ke dokter siapa. Dia akan melihat saat ini siapa yang dirawat atau ruangan mana yang masih ada tempat tidur.

Dia akan bisa lihat jadwal operasi, apakah saat ini siapa yang sedang dioperasi. Nah itu sedang kami kembangkan, dan mungkin tidak lama lagi kami akan memberi tahu kepada masyarakat. Tapi untuk saat ini mungkin itu masih dalam hal pengembangan.

Setelah akreditasi paripurna, apalagi milestone yang akan dicapai RSUD Baubau?

Insyaallah seperti yang dicanangkan dulu, kita akan meningkatkan kualitas rumah sakit ke tipe yang lebih tinggi. Cuma hal tersebut masih dalam kajian.

Jangan sampai kita menaikkan tipe rumah sakit, tetapi akhirnya masyarakat tidak bisa datang ke rumah sakit untuk berobat.

Menurut aturan BPJS, rujukannya berjenjang. Ini akan kami pelajari sangat-sangat hati-hati.

Mending kami saat ini memperbaiki terus mutu dan kualitas pelayanan. Dibanding kita harus buru-buru untuk menaikan tipe. Karena untuk menaikan tipe tidak mudah, kadang-kadang ada efek yang bisa berpengaruh kepada penghasilan rumah sakit.

Terakhir, apa yang mau disampaikan terkait akreditasi paripurna?

Terimakasih, akreditasi ini akan selalu dinilai selama lima tahun. Nah untuk itu saya mengharapkan masyarakat juga ikut berpartisipasi.

Kami mohon masukan dan kritikan, agar jangan sampai mutu dan pelayanan kami berkurang. Jadi, untuk mutu dan pelayanan tetap kita lakukan, saya harap kritikan dan masukan selalu diarahkan kepada rumah sakit. Agar bapak, ibu, dan masyarakat kami layani dengan mutu dan kualitas serta keselamatan pasien yang terjamin dan terstandar.(IRWANSYAH AMUNU)

  • Bagikan