La Ode Aswad: RSUD Baubau Akreditasi Bintang Lima

  • Bagikan

RSUD Kota Baubau menuju akreditasi Bintang Lima, paripurna. Sebagai rumah sakit rujukan diwilayah Kepulauan Buton (Kepton), RSDU Kota Baubau wajib melakukan peningkatan mutu dan layanan.

Bisa dijelaskan, bagaimana terkait prosesi akreditasi RSUD?

Akreditasi bicara komitmen bersama dalam hal ini komitmen Pemerintah Kota Baubau. Khususnya Rumah Sakit Umum Kota Baubau dalam rangka peningkatan mutu dan kualitas layanan.

Hari ini dilakukan akreditasi, dilakukan pengecekan lapangan tentang pemenuhan, menuju akreditasi Bintang Lima, paripurna. Tentu harus ada syarat yang harus disiapkan.

Nah, Rumah Sakit Umum Daerah jauh-jauh hari sudah menyiapkan diri untuk itu. Hari ini datang tim surveyornya dari Makassar untuk menilai kelayakan menuju peningkatan mutu dan layanan paripurna menuju Bintang Lima.

Ini merupakan langkah awal untuk memperbaiki layanan. Tidak boleh berhenti disini, layanan sampai kapan pun. Mau ada penilaian atau tidak, layanan kepada masyarakat menjadi standar.

Saya tadi memberikan contoh, kalau di TNI, NKRI Harga Mati, di Rumah Sakit ini juga mestinya layanan kepada publik, layanan kepada masyarakat menjadi harga mati. Bukan hanya Rumah Sakit, semua instansi pemerintah yang berkaitan dengan layanan publik, mestinya kualitas mutu layanan menjadi harga mati.

Bagaimana kesiapan RSUD Baubau dinilai oleh surveyor menuju Bintang Lima Paripurna?

Tadi sudah dilaporkan pak Direktur bahwa Rumah Sakit sudah menyiapkan diri, dan juga ketua Tim Surveyor mengakui bahwa diantara beberapa Rumah Sakit yang dikunjungi, Baubau menurut mereka tidak ketinggalan dengan Rumah Sakit-Rumah Sakit lain yang ada di Indonesia.

  • Bagikan